HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SLB YAYASAN BAHAGIA KOTA TASIKMALAYA
Sari
ABK tunarungu memiliki masalah yang menonjol pada kemampuan keterampilan sosial karena keterbatasan kemampuan mendengar mereka. Kemampuan keterampilan sosial dapat ditingkatkan dengan adanya dukungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan sosial ABK; tunarungu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimen dengan desain penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi adalah 34 wali murid di SLB Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya. Metode samplingnya adalah total sampling. Variabel penelitian adalah dukungan keluarga, kemampuan keterampilan sosial ABK; Tunarungu. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menggunakan uji statistik product momen person, Analisis univariat menunjukan 21 (61.8%) responden dukungan keluarga yang baik, 13 (38.2%) responden dukungan keluarga yang kurang, dan kemampuan keterampilan sosial terdiri dari 20 (58.8%) anak mempunyai kemampuan keterampilan sosial baik dan 14 (41.2%) anak mempunyai kemampuan keterampilan sosial kurang. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan keterampilan sosial dengan nilai p-value 0.001 menunjukkan kekuatan tingkat hubungan korelasinya sedang dan searah berarti semakin baik dukungan keluarga maka semakin baik pula kemampuan keterampilan sosial yang dimiliki anak tunarungu. Kemampuan keterampilan sosial yang kurang pada anak tunarungu dapat diminimalisir oleh keluarga karena keluarga adalah orang yang paling dekat dan mempunyai intensitas baik untuk bersama dengan anak tunarungu.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Riyanto, SKM., M.Kes, (2011). “Pengolahan dan Analisis Data Kesehatan”, Yogyakarta : Nuha Medika
Asep Harwandi, (2015). Skripsi : Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kejadian Stroke pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas DTP Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, STIKes Mitra Kencana : Tasikmalaya
Bambang Putranto, (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khusus “Tunarungu”, Yogyakarta : DIVA Press
Bambang Putranto, (2015). Tips Menangani Siswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus “Klasifikasi Tunarungu”, Yogyakarta : DIVA Press
Bomar, (2008). Dimensi Dukungan Sosial Keluarga
Diknas Jabar, (2012). Data Sensus Nasional Biro Pusat Statistik Tahun 2010, Jawa Barat
Kementerian Kesehatan RI, (2010). Keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Nasional
Notoatmodjo, (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : PT. Rineka Cipta
Safrudin Aziz, (2015). Pendidikan Keluarga : Konsep Dan Strategi “Fungsi dan Peran Keluarga Secara Substantif”, Yogyakarta : Gava Medika
Safrudin Aziz, (2015). Pendidikan Keluarga : Konsep Dan Strategi “Definisi Keluarga”, Yogyakarta : Gava Medika
Safrudin Aziz, (2015). Pendidikan Keluarga: Konsep Dan Strategi, Yogyakarta : Gava Medika
Sjamsuddin dan Maryani, (2008). Kemampuan Keterampilan Sosial / Social Skill http.//actiononhearingloss.org.uk, diakses tanggal 15 April 2016
http://digilib.unila.ac.id/3893/16/BAB%20II.pdf, Tunarungu (Melinda, 2013), diakses tanggal 09 Mei 2016
http://eprints.ung.ac.id/7173/3/2013-2-2-86201-111411119-bab2-04032014020515.pdf, diakses 14 Mei 2016
DOI: https://doi.org/10.54440/jmk.v1i2.45
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
VISITOR View My Stats






